info teraktual,tips trik sosial media,dan solusi kesehatan

Ramuan tradisional binahong dan khasiatnya


info blogger-Ramuan ini begitu terkenal karena khasiatnya yang langsung terasa.Binahong, Tanaman Obat Berjuta Khasiat Binahong? Apa sih itu? Makanan? Obat? Tanaman? Pertanyaan itu keluar begitu pertama kali saya mendengar kata “Binahong” dari seorang rekan. Apa anda juga menanyakan hal yang sama? Saya yakin seperti itu. Ketiga hal yang saya tanyakan diatas ternyata berhubungan dengan Binahong. Karena binahong yang kita bicarakan ini adalah sejenis tanaman merambat yang dapat dimakan langsung maupun dengan pemasakan tertentu dan hebatnya lagi binahong ini berkhasiat sebagai obat untuk berbagai macam penyakit.

Ada cerita menarik, konon pada saat perang Vietnam beberapa dekade lalu, para tentara Amerika terheran-heran, bagaimana bisa tentara Vietkong yang sebelumnya terluka parah ternyata kembali terlihat segar bugar dalam pertempuran berikutnya. Setelah ditelusuri, obat mujarab Vietkong untuk menyembuhkan luka luar maupun dalam akibat tembakan maupun goresan senjata tajam adalah binahong.

Tumbuhan binahong atau yang didaratan China lebih dikenal dengan nama “Dheng San Chi”  ini misterius, karena belum banyak literatur maupun penelitian ilmiah yang mengungkapkan khasiatnya. Secara empiris tumbuhan ini dikenal memiliki khasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Cina, Korea, dan Taiwan.

Khasiat penyembuhan binahong antara lain untuk :
- Percepatan penyembuhan luka dalam dan luar pasca operasi
- Pembengkakan jantung
- Pembengkakan liver
- Asam urat dan sakit pinggang
- Thipus
- Radang usus
- Maag
- Ambeien
- Menyembuhkan pembengkakan dan pembekuan darah
- Memulihkan kondisi lemah setelah sakit
- Rematik, luka memar terpukul dan terkilir
- Mencegah stoke
- Diabetes
- Kesuburan kandungan

Pengakuan pengguna diungkapkan Umi, ibu rumah tangga yang baru saja melahirkan anak kedua melalui operasi caesar. Ia tahu binahong dari cerita teman yang memiliki pengalaman serupa.

“Aku minum kapsul binahong yang banyak dijual di toko obat Cina. Setelah minum tiga kapsul, luka bekas sayatan caesar mengering. Padahal, waktu anak pertama, luka operasi caesar lama keringnya,” tuturnya.

Ramuan binahong, diyakini Umi, tidak hanya menyembuhkan luka dari dalam, tetapi juga membuat tubuhnya tetap bugar.

Hal serupa diungkapkan Joni (40 tahun) seorang security. Joni selalu mengunyah tiga lembar daun binahong yang telah dicuci bersih setelah kerja lembur semalaman. “Pegal hilang, badan jadi segar lagi,” ujarnya.

Belum Diteliti
Secara empiris beragam khasiat binahong telah diakui, tetapi tidak secara ilmiah. Meski tumbuhan ini cukup dikenal di negara Eropa maupun Amerika, para ahli di sana belum tertarik untuk mengurai materi kimia di dalamnya secara serius dan mendalam.

Namun, seperti diungkapkan dalam situs di luar negeri, tumbuhan yang juga dikenal dengan sebutan Madeira Vine ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi dan antivirus. Kini tumbuhan ini masih diteliti meski dalam lingkup terbatas, seperti bagaimana efektivitasnya pada tikus percobaan.  Hasilnya cukup menjanjikan. Tikus yang disuntik ekstrak binahong memiliki tingkat daya tahan yang bagus. Indikatornya, agresivitas tikus dengan ekstrak binahong lebih bagus dibandingkan dengan yang tidak dan juga tidak mudah sakit.

Secara alami binahong atau Anredera Cordifolia seperti disebutkan dalam Wikipedia, merupakan jenis tumbuhan menjalar, berumur panjang (perenial), bisa mencapai panjang kurang lebih lima meter. Berbatang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar.

Daunnya termasuk jenis tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5-10 cm, lebar 3-7 cm. Helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, dan aman untuk dikonsumsi.

Bunganya majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5-1 cm, berbau harum. Akarnya berbentuk rimpang, berdaging lunak.

Tumbuhan ini mudah diperlihara dan cocok dengan iklim tropis Indonesia. Permintaan yang tinggi akan kapsul binahong, mendorong beberapa pihak untuk memproduksinya. Saat ini, kapsul binahong bermunculan di pasaran dalam berbagai merek.

Namun jika masih bingung dan ragu, tak ada salahnya menanam sendiri sekaligus melengkapi koleksi tanaman obat Anda di rumah. Selain mudah ditanam, seluruh bagian tanaman binahong, mulai dari akar, batang, hingga daunnya, bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Selamat mencoba!

sumber: lintas indonesia
Tag : KESEHATAN
Back To Top