info teraktual,tips trik sosial media,dan solusi kesehatan

UMKM Sukses di Indonesia

UMKM adalah singkatan dari Usaha Micro, Kecil, dan Menengah. UMKM merupakan salah satu bisnis yang memiliki banyak peminatnya di Indonesia. Dari segi modal yang diperlukan untuk mendirikan UMKM tidak terlalu banyak dan risiko kerugian minim pun juga minim, sehingga banyak orang yang berkiprah di dunia UMKM.
Tidak heran jika perkembangan UMKM di Indonesia semakin pesat, karena pemerintah mendukung penuh dan UMKM menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto). Dari UMKM juga membuka peluang kerja baru untuk masyarakat yang sedang mencari pekerjaan.
Walaupun begitu, namun masih banyak orang yang bingung dalam memilih usaha UMKM yang akan didirikan. Alasannya yang diutarakan juga bermacam-macam, mulai dari tidak punya modal, kurang berpengalaman bisnis, tidak mengetahui teknik pemasaran, maupun alasan lainnya. Nah berikut ini akan diulas tentang UMKM dan dapat dijadikan pertimbangan sebelum Anda membuka bisnis:

Busana (fashion)
Busana atau yang sering disebut juga dengan fashion adalah bisnis yang berpotensial mendatangkan keuntungan yang cukup besar dan menjanjikan. Hal ini dikarena fashion merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang.
Selain itu, permintaan konsumen akan fashion juga meningkat saat menjelang hari besar. Model fashion yang berganti seiring berjalannya waktu menjadikan bisnis fashion banyak diminati oleh orang yang ingin membuka usaha baru.
Apabila Anda belum memiliki skill atau modal untuk membangun bisnis di dunia fashion, Anda bisa menjadi dropship atau reseller terlebih dahulu. Supaya Anda bisa sambil melatih skill dan mengumpulkan modal untuk membangun bisnis fashion sendiri.
Kuliner (makanan)
Bisnis di dunia kuliner merupakan salah satu bisnis  yang memiliki banyak peminat karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Kuliner juga akan tetap mempunyai banyak peminat walaupun waktu terus berjan, sebab kuliner menjadi kebutuhan pokok setiap orang.
Jadi jangan ragu untuk membuka usaha di bidang kuliner. Sukses maupun tidaknya Anda dalam berbisnis di bidang kuliner ini tergantung dari cita rasa makanan, pelayanan dalam penjualan, dan strategi pemasaran untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda.
Jika belum berani mencoba membuka bisnis sendiri, Anda bisa bergabung dahulu dengan orang yang telah mempunyai bisnis kuliner sendiri. Baru kemudian jika sudah yakin, Anda bisa membuka bisnis sendiri.

Agribisnis
Agribisnis yaitu bisnis yang bergerak di bidang pertanian dan peternakan. Peluang agribisnis di Indonesia sangat bagus, tetapi bisnis di bidang ini masih didominasi oleh orang tua, baru sedikit anak muda yang mau berbisnis pada bidang ini.
Padahal jangan ditanyakan lagi, bisnis di bidang ini menjanjikan keuntungan yang besar bagi yang mau menjalankannya. Usaha agribisnis yang bisa Anda digeluti adalah budidaya tanaman rempah, menjual sayur, bibit tanaman unggul, ternak ayam potong, ternak ayam petelur, ternak sapi, dan masih banyak lagi agribisnis yang menjanjikan keuntungan.

Tour and travel
Wisata adalah salah satu kebutuhan dasar bagi setiap orang dan tidak ada punahnya. Apalagi akhir-akhir ini muncul beberapa destinasi wisata baru yang layak untuk dikunjungi wisatawan. Maka dari itu, bisnis di bidang tour and travel juga sedang populer di masyarakat.
Beberapa orang yang berwisata secara bersama atau rombongan lebih memilih jasa tour and travel untuk mempermudah mengatur waktu saat berwisata. Mereka tidak perlu memikirkan koordinasi, hanya dengan membayar paket tour and travel saja.
Itulah beberapa UMKM yang patut dicoba bagi Anda yang ingin mendirikan bisnis.

Back To Top