info teraktual,tips trik sosial media,dan solusi kesehatan

inilah 5 penakluk gunung tertinggi di dunia


Gunung Himalaya adalah gunung tertinggi di dunia dan menjadi impian bagi para pellancong dan pendaki gunungg untuk bisa mendaki dan berada di ujung puncak Gunung ini.
Tahukah anda bahwa 9 dari 10 gunung tertinggi di dunia terletak di wilayah pegunungan Himalaya? Ya, Himalaya adalah sebuah barisan pegunungan di Asia, yang memisahkan anak benua India dari Dataran Tibet.

Himalaya memanjang sepanjang lima negara - Pakistan, India, China, Bhutan dan Nepal. Ia adalah sumber dua sistem sungai besar dunia - Sungai Indus dan Sungai Ganga-Brahmaputra. Sekitar 750 juta orang tinggal di daerah sekitar aliran air dari Himalaya, yang termasuk Bangladesh.

Gunung Everest - 8.850 m (Nepal & Tibet)
Gunung-everest

Terdapat beberapa variasi dari segi ukuran (Pemerintah Nepal - Cina belum mengesahkan ukurannya secara resmi, ketinggian Puncak Everest masih dianggap 8.848 m oleh mereka). Gunung Everest pertama kali diukur pada tahun 1856 mempunyai ketinggian 8.839 m, tetapi dinyatakan sebagai 8.840 m (29.002 kaki).

Orang pertama yang menaklukan gunung ini adalah Tenzing dan Hillary (Tahun 1953)

FYI: Gunung Mauna Kea di Hawai memiliki ketinggian 10.200 m, namun 6.000 m bagian bawah gunung ini terbenam di dalam laut.

Gunung K2/Godwin Austen - 8.611 m (Pakistan & Tiongkok)
gunung-tertinggi-Austen




K2 adalah gunung tertinggi ke-2 di dunia. di juluki juga "pegunungan kejam" karena kesulitannya untuk didaki daripada Gunung Everest di sebabkan cuacanya yang sangat buruk. Gunung ini terletak di pegunungan Karakoram. Pada tahun 2004,hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendakinya.

Orang pertama yang menaklukan gunung ini adalah Lino Lacedelli dan Achille Compagnoni (Tahun 1954)

Gunung Kangchenjunga - 8.586 m (Nepal & India)
Gunung-Kancengjunga,nepal




Kangchenjunga mengandung arti "Lima Harta Karun Salju, karena terdiri dari 5 puncak, empat diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas, perak, permata, biji-bijian dan kitab suci. Gunung ini membatasi wilayah Sikkim Utara dari distrik Sikkim, India dan Distrik Taplejung di Nepal, dan 2 yang lain berada di Distrik Taplejung. Selain itu wilayah ini juga dijadikan Kangchenjunga Conservation Area Project oleh World Wildlife Fund yang melindungi satwa Panda Merah, burung, dan tanaman khas Nepal.

Orang pertama yang menaklukan gunung ini adalah  Joe Brown dan George Band (Tahun 1955)

Gunung Lhotse - 8.516 m (Nepal & Tibet)
Penakluk-Gunung-tertinggi-dunia



Gunung yang memiliki ketinggian (27.940 kaki) ini merupakan gunung terbesar keempat di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest. 

Orang pertama yang menaklukan gunung ini adalah Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss (Tahun 1956)

Gunung Makalu - 8.463 m (Nepal & Tibet)
Gunung-everest




Makalu merupakan gunung tertinggi kelima di dunia. Gunung ini memiliki bentuk yang unik yaitu berupa piramida empat sisi dan terletak hanya 19 km tenggara Gunung Everest.

Orang pertama yang menaklukan gunung ini adalah Lionel Terray dan Jean Couzy (Tahun 1955)
FYI: 67 Gunung tertinggi di dunia terletak di benua Asia, gunung tertinggi ke-68 adalah Gunung Aconcagua (6.960 m) di Pegunungan Andes, Argentina. (wikipedia).waw keren bukan?
sumber:23tourism


Tag : unik
Back To Top